Senin, 01 November 2010

Berpetualang Yuk!

Ada yang pernah ke daerah Batusumur yang berlokasi di Desa Batusumur Kecamatan Manonjaya?
Tahukah, sahabat...! Batu Sumur ini merupakan salah satu ikon wisata Desa Batusumur. Baik..., mari ikuti petunjuk saya untuk menuju kesana. Siapkan diri anda dengan imajinasi masing-masing.

Untuk datang kesana kamu harus siap-siap jalan kaki melewati jalan setapak sekitar empat kilo mulai dari jalan buntu. hmmmm itung-itung hiking....hehhehe. Dari alun-alun Manonjaya berangkat saja ke arah selatan kemudian belok ke kanan di pertigaan jalan warung sumedang, Manonjaya. Setelah itu, ikuti saja jalur menuju Desa Cihaur. Untuk datang kesana, anda bisa tanya kiri kanan, karena warga sekitar sangat ramah tamah kok! jalan lumayan bagus menuju desa cihaur yang berbatasan dengan desa cikareo. namun untuk menuju lokasi jalan rusak parah, bahkan tidak kena aspal. Nah, setelah sampai di perbatasan Desa Cihaur, anda tinggal ikuti jalur jalan menuju Desa Batusumur, dan langsung menuju wisata batusumur. Nanti anda akan menemukan jalan buntu, dimana jalan paling terakhir dapet aspal. Disanalah anda bisa memarkir kendaraan secara gratis. Dan mulai dech petualangannya....!

Mulailah dengan jalan kaki, ingat harus pake alas kaki, karena anda akan melewati kebun salak milik warga. di sekitar jalan anda akan melewati jembatan Sungai Ciratna, dan akan berhadapan dengan tanjakan dan turunan. awas kalo hujan, jalan licin dan akan membuat anda jatuh berguling-guling. Anda jalan terus, menerobos melewati jalan setapak. Tampak di kiri kanan banyak pohon salak milik masyarakat sana. sampai akhirnya anda akan sampai di lokasi yang dimaksud disana anda akan menemukan saung di atas kolam ikan milik kuncen, dan melihat ke arah selatan anda akan melihat rimbunnya pohon beringin yang tumbuh menjulang di atas batu, akar-akarnya memeluk batu besar, anda akan terkesima melihat pemandangan ini. Dan yang menambah elok pemandangan di sini, adanya sungai batu sahulu yang masih terjaga kenaturalannya. Sungguh sangat menentramkan jiwa yang sengaja datang kesana.

Anda pasti bingung, sebenarnya di batu sumur itu ada apa sih?

Batu sumur terdiri dari dua kata yaitu batu dan sumur. jadi di tempat wisata ini ada batu besar yang ditumbuhi pohon beringin raksasa dan di atas batu ini, terdapat sumur. Dulu, airnya sangat jernih dan dipercaya bisa menyegarkan wajah dan membuat wajah kita berseri-seri. tetapi, sekarang karena kurang terpelihara dan jarang ada orang yang datang kesana, airnya tampak menghitam karena banyak daun-daun beringin yang jatuh ke sumur. Selain itu, sekarang jarang ada yang berani naik ke atas batu karena menurut warga banyak ular disana. Jadi saat ini, yang datang kesana hanya bisa melihat keindahannya dari bawah saja, itupun sekitar 200 meter dari tempat.

Tapi, untuk anda yang ingin berpetualang dan penasaran sebesar apa batu sumur ini? mending datang langsung aja ke lokasi. Jangan lupa untuk datang kesana, anda harus minta ijin dulu ke kuncen Batu Sumur yang rumahnya tidak jauh dari lokasi.

1 komentar: